Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.

HISTORIS
Tiga Perintis terkemuka yang muncul di awal sejarah psikologi pendidikan yaitu willian james, john dewey ,dan E.L.Thorndike. memiliki peran dalam perkembangan psikologi pendidikan, yaitu :




Seorang guru membutuhkan Pengetahuan dan keahlian profesional dan komitmen dan motivasi

o Penguasaan materi pelajaran
o Strategi Pengajaran
o Penetapan Tujuan dan Keahlian Perencanaan Instruksional
o Keahlian Manajemen kelas
o Keahlian Motivasional
o Keahlian komunikasi
o Bekerja secara efektif dengan murid dari latar belakang kultural yang berlainan.
o Keahlian teknologi

Seorang guru harus memiliki komitmen dalam mengajar sehingga dapat memotivasi para murid. Guru yang efektif juga memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan tidak membiarkan emosi negatif melunturkan motivasi mereka.
Riset Dalam Psikologi Pendidikan
Riset ilmiah adalah riset objektif,sistematis, dan dapat diuji. Riset ilmiah dilandaskan pada metode ilmiah, sebuah pendekatan yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu ; merumuskan masalah,mengumpulkan data,menarik kesimpulan, dan merevisi kesimpulan dan teori riset
Metode riset
Riset deskriptif, riset ini bertujuan mengamati dan mencatat perilaku.
Wawancara dan kuisioner
Tes standar
Studi kasus
Studi etnografik
Riset korelasional, tujuannya adalah mendeskripsikan kekuatan hubungan antara dua atau lebih kejadian .
Riset eksperimental, adalah satu-satunya metode yang andal untuk menentukan hubungan sebab akibat. Eksperimen paling tidak menggunakan satu variabel dependen dan satu variabel independen
Daftar Pustaka :
Santrock , John W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.Jakarta:Prenada Media Group
Tidak ada komentar:
Posting Komentar