Rabu, 16 Oktober 2013



Teori Kognitif – Sosial Albert Bandura

Fungsi utama dari pikiran adalah memungkinkan orang untuk memprediksi kejadian dan mengembangkan cara untuk mengontrol (kejadian) yang mempengaruhi hidup mereka (Bandura, 1995, h.6)

Ringkasan Teori Kognitif-Sosial Bandura
Elemen Dasar
Defenisi
Asumsi
Belajar adalah interaksi tiga arah antara lingkungan, faktor pribadi, dan perilaku yang juga melibatkan proses kognitif pemelajar
Komponen Belajar
Model perilaku, konsekuensi bagi model, dan proses kognitif pemelajar
Desain Pembelajaran Untuk keterampilan yang kompleks
Selain keterampilan komponen, mengembangkan pemahaman ketangguhan dan pengaturan diri pemelajar
Isu utama dalam perancangan pembelajaran
Mengadakan gelada mental sebelum latihan; menghindari penghilangan penguatan dan hukuman ketika dibutuhkan; menghindari penggunaan hukuman secara berlebihan

Analisis Teori
Kelemahan
Sulit untuk mengimplementasikan persyaratan bagi ketangguhan diri dan pengaturan diri bersama dengan prioritas kelas lainnya
Kontribusi
Mendeskripsikan berbagai sikap dan perilaku yang diperoleh dari media massa
Memberi deskripsi perinci mengenai mekanisme penguatan dan hukuman dalam latar belakang
Mengidentifikasi arti penting ketangguhan diri dalam belajar


          Teori kognitif-sosial memiliki dua implikasi utama untuk pendidikan. Pertama, adalah pemodelan yang merupakan sumber utama informasi bagi pemelajar. Kedua, pentingnya pemahaman ketangguhan dan keterampilan pengaturan diri pribadi untuk menjadi pemelajar yang berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar