Teori Kognitif – Sosial Albert Bandura
Fungsi utama dari pikiran adalah memungkinkan
orang untuk memprediksi kejadian dan mengembangkan cara untuk mengontrol
(kejadian) yang mempengaruhi hidup mereka (Bandura, 1995, h.6)
Ringkasan Teori Kognitif-Sosial Bandura
Elemen
Dasar
|
Defenisi
|
Asumsi
|
Belajar adalah
interaksi tiga arah antara lingkungan, faktor pribadi, dan perilaku yang juga
melibatkan proses kognitif pemelajar
|
Komponen
Belajar
|
Model perilaku, konsekuensi bagi model, dan proses
kognitif pemelajar
|
Desain
Pembelajaran Untuk keterampilan yang kompleks
|
Selain keterampilan
komponen, mengembangkan pemahaman ketangguhan dan pengaturan diri pemelajar
|
Isu utama
dalam perancangan pembelajaran
|
Mengadakan gelada mental sebelum latihan; menghindari
penghilangan penguatan dan hukuman ketika dibutuhkan; menghindari penggunaan
hukuman secara berlebihan
|
|
Analisis
Teori
|
Kelemahan
|
Sulit untuk mengimplementasikan persyaratan bagi
ketangguhan diri dan pengaturan diri bersama dengan prioritas kelas lainnya
|
Kontribusi
|
Mendeskripsikan
berbagai sikap dan perilaku yang diperoleh dari media massa
Memberi deskripsi
perinci mengenai mekanisme penguatan dan hukuman dalam latar belakang
Mengidentifikasi
arti penting ketangguhan diri dalam belajar
|
Teori kognitif-sosial
memiliki dua implikasi utama untuk pendidikan. Pertama, adalah pemodelan yang
merupakan sumber utama informasi bagi pemelajar. Kedua, pentingnya pemahaman
ketangguhan dan keterampilan pengaturan diri pribadi untuk menjadi pemelajar
yang berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar