PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA
Perkembangan Kognitif
| Topik | Vygotsky | Piaget |
| Konteks Sosiokultural | Penekanan kuat | Sedikit penekanan |
| Konstruktivisme | Konstruktivis Sosial | Konstruktivis kognitif |
| Tahapan | Tidak ada pandangan tentang tahapan umum perkembangan | Penekanan kuat pada tahapan ( sensorimotor, pra operasional, operasional konkret, operasional formal ) |
| Proses utama | Zone of proximal development bahasa, dialog, alat dari kultur | Skema,asimilasi,akomodasi,operasi,konservasi, klasifikasi,penalaran hipotesis-deduktif |
| Peran Bahasa | Bahasa memainkan peranan kuat dalam pembentukan pemikiran | Minimal : kognisi terutama mengatur bahasa |
| Pandangan tentang pendidikan | Pendidikan memainkan peran sentral, membantu anak mempelajari alat-alat kultur | Pendidikan hanya memperbaiki keahlian kognitif anak yang sudah muncul |
| Implikasi penganjuran | Guru adalah fasilisator dan pebimbing bukan pengatur memberikan banyak kesempatan bagi murid untuk belajarbersama guru dan teman yang lebih ahli | Juga memandang guru sebagai fasilitator dan pebimbing bukan pengatur, memberikan dukungan untuk anak agar mengeksplorasi dunia mereka dan menemukan pengetahuan. |
Perkembangan Bahasa
Bahasa = bentuk komunikasi, baik tulisan, llisan yang didasarkan pada system symbol.
Teknologi dan Perkembangan kosakata anak
a. Komputer
CD-ROM berisi cerita seperti living Books,dapat membantu penguasaan kosakata oleh anak anak,terutama ada opsi online untuk murid menemukan makna dari kata yang belum di kenalnya
b. Audiobook
Audiobook dapat digunakan untuk mekengkapi materi cetak,mendenagr dramatisasi cerita dan menarik minat murid. Audiobook mungkin bermanfaat bagi murid yang tertarik denagn bidang tertentu misalnya murid yang bahasa utamnya inggris dapat menggunakan tape untuk meningkatkan perkembangan kosakata kemampuan membaca dan pelafalan kata
c. Televisi pendidikan
Televise pendidikan dapat digunakan untuk membantu anak mempelajari alphabet,melihat orang mengunakan kosakarta dalam konteks yang berbeda beda dan mendengarkan cerita yang memotivasi anak untuk membaca cerita itu nanti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar