Senin, 09 April 2012

PEDAGOGI PRAKTIS ABAD KE-21

Ketika memasuki abad ke-21 banyak orang yang tertarik untuk mendiskusikan pedagogi bahkan diberi nama pedagogi abad ke-21 yang dikenal juga sebagai progresif pedagogi (progressive pedagogy). Kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi termasuk TIK memang telah melahirkan perubahan besar dalam pola pembelajaran. Belakangan pun telah lahir paradigma baru pembelajaran bebasis teknologi informasi dan komunikasi.
Konten pedagogi mengacu pada keterampilan pedagogi atau pengajaran yang guru gunakan untuk menanamkan pengetahuan khusus atau isi kurikulum pada siswa guru yang efektif menampilkan berbagai keterampilan dan kemampuan yang mengarah untuk menciptakan lingkungan belajar dimana semua siswa merasa nyaman dan yakin akan dapat berhasil baik secara akademis ataupun pribadi. Berikut ini ciri dari guru yang baik dan cerdas :
1.      Tidak pernah terlambat kekelas atau memotong waktu belajar hanya untuk kepentingan pribadi.
2.      Memberikan respon terhadap keluhan siswa secara cepat dan akurat
3.      Bekerja keras dan cerdas, semua dokumen tertata dan tertulis rapi
4.      Lebih mengutamakan formalitas di ruang kelas di bandingkan dengan formalitas pemikiran yang tersirat dalam mata pelajaran yang sedang dipelajari
5.      Menunjukkan intelektual yang tinggi dan teliti
6.      Mengetahui dan memahami perbedaan karakteristik siswa pada masing masing kelas namun bukan untuk membandingkannya
Nah, jika dikaitkan dengan keadaan guru , pada kenyataannya tidak semua guru memiliki criteria seperti yang telah disebutkan diatas. Ketika saya masih berada di bangku sekolah, banyak karakter-karakter guru yang berbeda-beda. Ada guru yang tidak begitu merespon terhadap keluhan siswa , namun ia mampu menunjukkan intelektual yang tinggi dan teliti. Namun ada juga yang ia mampu merespon terhadap keluhan siswa secara tepat, namun ia bermasalah dalam ketepatan kehadiran. Namun yang saya liat di masa sekarang ini guru-guru semakin maju. Ditambah lagi tuntutan-tuntutan zaman yang semakin membuat guru harus up to date dengan perkembangan yang ada. Dan sekarang saya melihat guru-guru mulai terbiasa menggunakan teknologi seperti computer.
Daftar Pustaka  : Sudarwan Danim, (2010), Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi, Bandung : Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar