Ketika memasuki abad ke-21 banyak orang yang tertarik untuk
mendiskusikan pedagogi bahkan diberi nama pedagogi abad ke-21 yang dikenal juga
sebagai progresif pedagogi (progressive pedagogy). Kemajuan ilmu pengetahuan
dan tehnologi termasuk TIK memang telah melahirkan perubahan besar dalam pola
pembelajaran. Belakangan pun telah lahir paradigma baru pembelajaran bebasis
teknologi informasi dan komunikasi.
Konten pedagogi mengacu pada keterampilan pedagogi atau pengajaran
yang guru gunakan untuk menanamkan pengetahuan khusus atau isi kurikulum pada
siswa guru yang efektif menampilkan berbagai keterampilan dan kemampuan yang
mengarah untuk menciptakan lingkungan belajar dimana semua siswa merasa nyaman
dan yakin akan dapat berhasil baik secara akademis ataupun pribadi. Berikut ini
ciri dari guru yang baik dan cerdas :
1.
Tidak
pernah terlambat kekelas atau memotong waktu belajar hanya untuk kepentingan
pribadi.
2.
Memberikan
respon terhadap keluhan siswa secara cepat dan akurat
3.
Bekerja
keras dan cerdas, semua dokumen tertata dan tertulis rapi
4.
Lebih
mengutamakan formalitas di ruang kelas di bandingkan dengan formalitas
pemikiran yang tersirat dalam mata pelajaran yang sedang dipelajari
5.
Menunjukkan
intelektual yang tinggi dan teliti
6.
Mengetahui
dan memahami perbedaan karakteristik siswa pada masing masing kelas namun bukan
untuk membandingkannya
Nah, jika dikaitkan dengan keadaan guru , pada kenyataannya tidak
semua guru memiliki criteria seperti yang telah disebutkan diatas. Ketika saya
masih berada di bangku sekolah, banyak karakter-karakter guru yang
berbeda-beda. Ada guru yang tidak begitu merespon terhadap keluhan siswa ,
namun ia mampu menunjukkan intelektual yang tinggi dan teliti. Namun ada juga
yang ia mampu merespon terhadap keluhan siswa secara tepat, namun ia bermasalah
dalam ketepatan kehadiran. Namun yang saya liat di masa sekarang ini guru-guru
semakin maju. Ditambah lagi tuntutan-tuntutan zaman yang semakin membuat guru harus
up to date dengan perkembangan yang ada. Dan sekarang saya melihat guru-guru
mulai terbiasa menggunakan teknologi seperti computer.
Daftar Pustaka : Sudarwan Danim, (2010), Pedagogi,
Andragogi, dan Heutagogi, Bandung : Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar