Senin, 09 April 2012

Pedagogi, TIK, dan Fenomena Kontemporer


JANJI LAPTOP
Apa sih manfaat laptop bagi siswaa ???
Nah , seiring dengan perkembangan zaman penggunaan TIK dalam pembelajaran semakin meningkat. Penggunaan laptop bagi siswa pun menjadi sebush kebutuhan. Berikut ini merupakan sebagian manfaat dari laptop dan mudah-mudahan bukan hanya sebagai janji belaka :D, let’s check it out ....
·         Menulis secara cepat dan baik
·         Memperluas pengetahuan
·         Meningkatkan prestasi – skor hasil belajar yang lebih tinggi
·         Meningkatkan keterampilan untuk persiapan memasuki dunia kerja sektor modern
·         Meningkatkan efisiensi belajar mengajar
·         Meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa
·         Memperkaya persiapan untuk hidup pada percaturan global
·         Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
·         Meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada siswa
·         Memperpendek waktu kerja
TIK dan Pedagogi
TIK merupakan singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang memiliki pengaruh besar pada dunia di mana orang-orang muda hidup. Begitu juga dengan e-learning , memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung pendekatan pengajaran, dengan tidak melupakan dimensi pedagogi.
Sekolah sebaiknya tidak hanya mengeksplorasi bagaimana TIK dapat menambah cara mengajar tradisional , tetapi juga bagaimana bisa membuka cara belajar baru dan berbeda. Namun demikian, sekali lagi penggunaan TIK yang mengabaikan dimensi pedagogisnya merupakan  praktik pendidikan yang menyimpang.
Fenomena Kontemporer
TIK telah memberi warna sendiri dalam proses pembelajaran, serta melahirkan pemikiran baru di bidang pedagogi. Kehadiran TIK di sekolah menyusul alat-alat ilmiah seperti teleskop dan mikroskop yang ada sebelumnya memungkinkan kegitatan pembelajaran berakselerasi.
Singkatnya, perspektif munculnya potensi yang menawarkan kerangka kerja dan dukungan teoritis untuk memikirkan kembali pedagogi yang tidak dimulai dengan konsep struktur dan hierarki yang telah direncanakan sebelumnya. Hal-hal yang dulunya dianggap sulit, kini sudah bisa dihadapi secara “santai”, otonom, lebih produktif, dan terorganisir


Daftar Pustaka  : Sudarwan Danim, (2010), Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi, Bandung : Alfabeta
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar