Kamis, 12 April 2012

TESTIMONI


Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Paedagogi kali ini dilaksanakan secara online. Ini baru pertama kali saya rasakan. Ujian seperti ini menarik, seru walaupun masih sedikit canggung. Karena belum pernah melaksanakan ujian secara online seperti ini. Mendapatkan soal ujian lewat blog itu rasanya sesuatu… ada yang berbeda ajja gitu.
Soal-soal yang diberikan juga bukan hanya sekedar menuntut pengetahuan kita saja tapi juga pemahaman kita akan teori-teori yang ada. Karena kita harus mengakaitkan pengetahuan tersebut dengan apa yang kita rasakan. 
Menurut apa yang saya rasakan, Ibu Dina selalu mampu memberikan warna yang berbeda dari setiap MK. Saya mendapatkan sesuatu yang baru dalam dunia teknologi, termasuk pengalaman ujian blog kali ini. :)

Pengajaran dan Kreativitas, salah satu tujuan penting dalam pengajaran adalah membantu murid menjadi lebih kreatif. Nah, salah satu strategi yang bisa mengilhami kreativitas murid antara lain brainstorming, teknik dimana orang-orang dalam sebuah kelompok didorong untuk menghasilkan ide kreatif, saling bertukar gagasan, dan mengatakan apa saya yang dipikiran mereka yang tampaknya relevan dengan isu tertentu (Rickards, 1999; Stenberg & Lubart :1995). Entah itu berbasis kelompom atau individu, strategi kreativitas yang baik ialah mengeluarkan gagasan sebanyak mungkin. Nah, dalam ujian blog kali ini juga kami bebas mengeluarkan gagasan yang relevan dengan topic yang dipertanyakan. Karena kita memang dituntut untuk mengeluarkan pendapat sehingga mendorong kreativitas kita. 

Selain itu memperkenalkan murid dengan orang-orang yang kreatif. Mungkin kita memang tidak diperkenalkan dengan orang-orang yang kreatif seperti Butet Kertarajasa atau penyair terkenal. Tapi, Ibu Dina mengenalkan kita dengan teknologi yang mampu mengasah kreativitas kita contohnya dengan menggunakan blog ini. Kita membuat blog kita sedemikian indahnya juga mengasah kekreativitasan kita.
Motivasi dan emosi adalah aspek penting dari pembelajaran. Apa dan seberapa banyak hal-hal yang dipelajari akan dipengaruhi oleh motivasi belajar. Emosi positif seperti rasa ingin tahu biasanya akan membantu memperlancar proses belajar. Motivasi intrinsic dapat menguat jika kita menganggap tugas sebagai sesuatu yang menarik. Nah, dengan pembelajaran yang seperti dilaksanakan saat ini juga membangkitkan motivasi instrinsic kita karena tugas-tugas yang diberikan begitu menarik dan bermakna.

Daftar Pustaka : Santrock, John W, Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar